Welcome Comments Pictures

Kamis, 19 Juli 2012

LIPI KARANGSAMBUNG sebagai PERKEMBANGAN RISET DAN TEKNOLOGI KABUPATEN KEBUMEN

LAVA BANTAL KARANGSAMBUNG


Karangsambung adalah sebuah kecamatan di Kabupaten KebumenProvinsi Jawa TengahIndonesia.
Di Kecamatan Karangsambung terdapat Lokasi Cagar Alam Geologi Nasional yang dikelola oleh Balai Informasi Dan Konservasi Kebumian Karangsambun-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Cagar Alam Geologi Nasional-Karangsambung merupakan laboratorium alam untuk mempelajari geologi pada khususnya dan kebumian pada umumnya. Terdapat berbagai batuan yang berumur antara 125 - 65 juta tahun yang lalu. Pada zaman tersebut kawasan Karangsambung merupakan dasar samude
ra. Akibat tumbukan antara tiga lempeng bumi, maka kawasan Karangsambung sekarang terangkat ke permukaan.

beberapa isu menyatakan adanya kemungkinan Kawasan cagar alam karang sambung ini lah tempat peradaban kota ATLANTIK
ATLANTIK adalah, peradaban tertua di dunia yang dikisahkan tenggelam setelah terjadi bencana dahsyat pada ratusan juta tahun silam,
KOLEKSI  DAN CAGAR ALAM LIPI KARANGSAMBUNG
Dalam buku yang ditulis Ario santos yang juga seorang ahli nuklir, geologi dan fisika itu menyebutkan, Atlantik berada di pertemuan tiga lempeng benua yakni Australia, Eurasia dan ASia.
Ario Santos yang melakukan penelitian selama 30 tahun itu pun mengungkapkan bahwa pertemuan tiga lempeng tersebut berada di Indoensia. Namun belum ditunjukan secara jelas daerahnya. Karena itu Fajar Riyanto membentuk tim untuk meneruskan penelitian tersebut.
 Bukti pertemuan tiga lempeng benua tersebut ditandai dengan keberadaan batu rijang. Batu yang terbentuk akibat desakan dari tiga lempeng benua sekitar 140 juta tahun silam. Dan letaknya berada dilaut dalam. Karena itu, dahulunya Karangsambung merupakan dasar laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar